Monday, March 16, 2009

Kaligua Berkembang Jika Dikelola Profesional

Salah satu surga dunia di Kabupaten Brebes yang belum terjamah adalah Obyek Wisata Kebun Teh Kaligua di Kecamatan Paguyangan. Pemandangan alamnya yang luar biasa dan udaranya yang sejuk, menjadi daya tarik para pengunjung yang menginginkan refreshing di daerah pegunungan. Sejumlah orang yang datang ke lokasi itu pun merasa kerasan dan berjanji akan datang kembali suatu saat nanti.
Di Kaligua tidak hanya menjual pemandangan kebun teh yang menghampar saja, tetapi juga ada sejumlah tempat yang layak dikunjungi. Diantaranya Gua Jepang, yang merupakan salah satu situs sejarah di kompleks PTP Perkebunan Nusantara IX tersebut. Juga ada Tuk Bening, salah satu sumber air yang dipercaya memiliki khasiat untuk awet muda. Tuk Bening itu juga pernah didatangi Susilo Bambang Yudhoyono menjelang Pilpres 2004 lalu. Juga ada lokasi out bound dan makam Van de Jong, pendiri Kebuh Teh Kaligua dan puncak Gunung Sakub setinggi 2050 meter dari permukaan laut serta sarana lainnya yang masih terus dikembangkan pihak pengelola.
Salah satu pengunjung yang terkesima dengan keelokan alam pegunungan Kaligua adalah Walikota Tegal Terpilih H Ikmal jaya SE Ak. Dia yang mengunjungi Kaligua pada Sabtu (17/1) lalu bersama sejumlah rekan dan sejawatnya, diantaranya GM Riez Hotel Saunan Rasyid, GM Hotel Alexander Ibu Dian, Kepala Seksi Akuntansi Bank Jateng Rini Angraeni SE, pengamat budaya Pantura Drs Atmo Tan Sidik beserta keluarganya masing-masing. Bahkan Mardiyanto, sebelum menjadi Mendagri menyempatkan diri secara khusus untuk datang ke Kaligua karena penasaran akan cerita keindahannya.
Menurut Ikmal, OW Kaligua ini mempunyai potensi untuk dikembangkan lebih maju lagi jika dikelola dengan profesional. Dimana pengelolaan manajemen dan pelayanan jasanya lebih ditingkatkan lagi untuk menarik minat pengunjung yang ada. Apalagi lokasi tersebut berada di tengah sejumlah kabupaten, tidak hanya Brebes saja, tapi juga di sekitarnya seperti Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Cilacap, dan daerah lainnya, termasuk Semarang, Cirebon dan Jakarta.
"Kaligua sangat potensial untuk dikembangkan lagi dengan syarat dikelola dengan manajemen yang profesional. Di situ semuanya layak jual, karena saya sendiri merasakan betah di kawasan seperti ini," ujarnya.
Menurutnya, pengembangan potensi pariwisata di Kaligua itu sangat banyak dilakukan, mulai dari pengembangan jasa transportasi, pemasaran produk lokal, dan suvenir khas Brebes yang cukup banyak. Apalagi sekarang ini jalan yang menuju ke lokasi Kaligua sudah cukup bagus, sehingga tinggal mengembangkan sejumlah fasilitas lain yang diperlukan pengunjung. Selain itu, promosi kepada masyarakat juga sangat diperlukan, agar yang belum tahu jadi tahu dan penasaran untuk datang ke Kaligua.
"Karena yang sudah datang, pasti akan ketagihan untuk datang lagi," ujarnya menambahkan.
Ny Hj Rosalina, istri H Imal Jaya pun mengakui jika Kligua sangat menyenangkan dan rekreatif. Dia yang turut serta membawa anaknya itu mengaku dapat melepas kepenatannya di tengah kesibukannya setiap hari. "Its very beatiful and amazing," katanya.


Sumber : Radar Tegal

No comments:

Post a Comment